Jaringan Komputer

Kamis, 08 Maret 2012 0 komentar

Jenis  Jaringan  Komputer
                Menurut rentang geografis atau jarak antarkomputer yang dicakup oleh suatu jaringan, jaringan biasa dibagi menjadi tiga jenis, yaitu LAN, MAN, dan WAN.
a.       Local Area Network (LAN)
LAN atau jaringan local adalah jaringan komputer yang mencakup area dalam satu ruang, satu gedung, atau beberapa gedung yang berdekatan. Sebagai contoh, jaringan dalam sekolah atau di suatu perusahaan tergolong sebagai LAN.
Komputer-komputer LAN umumnya dihubungkan dengan kabel. Namun, ada juga LAN yang tidak menggunakan kabel dan disebut sebagai wireless LAN atau LAN nirkabel. Kecepatan LAN berkisar dari 10 megabit per detik sampai 1 gigabit per detik.

b.      Metropolitan Area Network (MAN)
MAN dalah jaringan yang mencakup area satu kota atau dengan rentang sekitar 10-45 km. Jaringan yang menghubungkan beberapa bank yang terletak dalam satu kota atau kantor yang tersebar dalam beberapa lokasi tergolong sebagai MAN. Jaringan seperti ini umumnya menggunakan media transmisi berupa gelombang mikro atau gelombang radio. Namun, ada juga yang menggunakan kabel.

c.       Wide Area Network (WAN)
Jaringan antarkota, antarprovinsi, antarnegara, bahkan antarbenua disebut dengan WAN. Contoh WAN adalah jaringan yang menghubungkan ATM (anjungan tunai mandiri). Contoh lain adalah internet.

0 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Reach the Sky | TNB


Profile Cursors