Tipe Tipe Jaringan Komputer

Kamis, 08 Maret 2012 0 komentar

Tipe Jaringan Komputer
                Secara prinsip, ada dua model hubungan dalam jaringan komputer, yaitu peer to peer dan client/server.
a.       Peer to peer
Peer to peer merupakan model jaringan yang memberikan kedudukan yang sama terhadap semua komputer yang berhubungan. Model jaringan ini memungkinkan suatu komputer menyediakan daya yang ada (misalnya CD drive atau suatu folder dalam harddisk) untuk dipakai oleh komputer yanglain. Pada jaringan ini komputer dapat berfungsi sebagai klien maupun server pada waktu yang sama. Model ini biasa diterapkan pada jaringan local, dengan jumlah terminal akses yang relative sedikit.

b.      Client/server
Pada model client/server, ada komputer atau peranti yangberkedudukan sebagai klien (client). Client adalah komputer yang meminta layanan (bisa berupa data atau perangkat keras seperti printer), sedangkan server adalah komputer atau suatu peranti yang melayani permintaan client. Biasanya, server berupa perangkat keras komputer yang dilengkapi perangkat lunak khusus.
Beberapa contoh funsi server antara lain file server, web server, dan mail server. File server menangani berkas yang dapat diakses oleh client. Print server bertindak sebagai pengontrol printer yang memungkinkan printer dapat digunakan oleh sejumlah client. Web server menangani halaman-halaman Web yang dapat diakses oleh browser. Mail server menangani surat elektronis. Sebuah komputer dapat menjadi sejumlah server sekaligus, misalnya sebagai mail server dan sekaligus sebagai web server.

Karakteristik Server
Karakteristik Client
·         Pasif
·         Aktif
·         Menunggu permintaan (request)dari client.
·         Mengirimkan permintaan (request)
·         Menerima permintaan, melakukan proses, kemudian mengirimkan balasan berupa layanan (service).
·         Menunggu dan menerima balasan dari server.


0 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Reach the Sky | TNB


Profile Cursors